Profile Ust. Faisal Hilmi, S.Th.I

May 25, 2017

Ust. Faisal Hilmi, S.Th.I, pria kelahiran Cirebon 16 Januari 1992 ini sangat hobi membaca, menulis, mengajar dan travelling. Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, konsentrasi Tafsir Qur’an, jurusan Tafsir Hadis, Fak. Ushuluddin.
   
Saat ini pun sedang menempuh Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta, dengan konsentrasi yang sama, Tafsir Qur’an. Ia sebelumnya nyantri di Buntet Pesantren dan Salafiyyah Darurrohmah (Sadpas Pesantren), Cirebon, Jawa Barat.  
Saat di MAN Buntet Pesantren, khusus bulan suci Ramadhan, Ia mengikuti Ngaji Pasaran Tafsir Jalalain karya Syaikh Imam Jalaluddin As-Suyuthi dan Syaikh Imam Jalaluddin Al-Mahalli yang diampu oleh KH. Dr. M. Abbas bin Fuad Hasyim MA (Kang Babas). Sejak dini hari hingga waktu Sahur tiba.
Sejak kelas 6 SD, Ibunda, Umi Nihayaturrohmah dan keluarga mengenalkan dan mengarahkannya untuk belajar-mengajar membaca Al-Qur’an anak-anak kecil di desa. Berlanjut mengajar Ngaji di Pesantren Salafiyyah Darurrohmah Cirebon yang didirikan Sang Kakek (Alm.) KH. Abdurrohim dan Uwa KH. Drs. Fathurrohim.
Semasa kuliah S1, Ia pun sering kali mewakili kampus dan Indonesia dalam kegiatan tingkat nasional dan internasional: Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, China, dan Korea Selatan.   
Tahun 2015, selain menjadi delegasi Indonesia dalam 24th Harvard World Model United Nations (WorldMUN) di Seoul, Korea Selatan. Pelatihan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dihadiri 118 negara, berbagai penjuru dunia.
Ust. Faisal Hilmi, S.Th.I, Founder  Pusat Kajian Tafsir Qur'an (PKTQ)
Ia pun melakukan Observation pada Komunitas Muslim Korea Selatan. Baik Muslim Indonesia yang ada di Korea dalam kegiatan Muktamar Komunitas Muslim Indonesia Korea Selatan (KMI) Ke-VIII. Juga Muslim penduduk asli Korea melalui visitasi dan interview President of Korea Muslim Federation (KMF), Syaikh Rahman Lee Ju-Hwa.     
Pernah mengikuti Pelatihan Pengkaderan Mufassir “Daurah Bidayah Al-Mufassir : Langkah Awal Menjadi Mufassir,” tahun 2013, yang diadakan oleh  Pusat Studi Qur’an (PSQ), pimpinan Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. Juga peserta dalam Orasi International: Pidato Perdamaian & Kemanusiaan Untuk Dunia, yang disampaikan Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Ath-Thayyeb di Jakarta (2016).
Dengan segala kekurangan dan kelemahan yang dimiliki, Ia berikhtiar  sejak awal kuliah tahun 2010, mendirikan Studi Tafsir Qur'an (STQ) UIN Jakarta. Semingu satu atau dua kali pertemuan diadakan kajian dan diskusi keilmuan terkait Tafsir dan Al-Qur'an bersama beberapa Dosen dan kawan-kawan. Ia pun pernah menjadi Koordinator Laboratorium Tafsir Hadis, Fak. Ushuluddin, UIN Jakarta (2012).
STQ saat ini rebranding menjadi Pusat Kajian Tafsir Qur'an(PKTQ) yang berupaya menggali makna nilai-nilai Al-Qur'an untuk kemajuan masyarakat Indonesia. Berhasil dan bahagia di dunia dan akherat (fi dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah). Mendekatkan dan mendorong masyarakat untuk memahami isi Al-Qur'an agar keindahannya dapat terinternalisasi dalam diri, keluarga, masyarakan, dan interaksinya dengan masyarakat global.
Penulis sangat menyukai dan terbuka untuk sharing dengan siapapun melalui email : faisalhilmi@ymail.com. Dapatkan update inspirasi tulisannya di Facebook dan Twitter : @faisalhilmiab. Tulisan dan inspirasinya juga dapat diakses di www.positiveimpactcenter.com dan web PKTQ www.pktafsirquran.com.


Mungkin Anda Juga Menyukai Ini

0 comments

Dapatkan Kajian Tafsir

Visitor